2016 menjadi tahun yang panjang bagi seluru cabang olahraga di dunia, tak terkecuali panahan. Olimpiade Rio 2016 menjadi salah satu medan laga paling prestisius bagi para atlet panahan seluruh dunia. Namun, dibelakang kegemilangan karir seorang atlit, ada sosok pelatih yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut tiga pelatih panahan terbaik versi worldarchery.org.

1. Moon Hyung Cheol (Korea)
Pelatih kepala yang memegang tim panahan Korea Selatan pada Olimpiade 2016 ini berhasil menghantarkan Korea Selatan menyabet 4 medali emas pada cabang panahan. Sepanjang sejarah prestasi panahan Korea Selatan, hal ini merupakan yang terbaik. Ia menekankan pendekatan berbasis tim yang mengutamakan kerjasama antar atlet. Namun ia juga sangat tajam dalam mengasah kemampuan kepribadian individu.

2. Michael Peart (Inggris)
Michael Part adalah pelatih Tim Nasional Panahan Inggris untuk Paralympic. Berkat asahan tangannya, Inggris berhasil membawa pulang 6 medali dari Sabodromo termasuk menyapu bersih podium di even W1 wanita yang merupakan pertama kalinya bagi Inggris selama 20 tahun.

“Bagi Saya, hal terbaik dari menjadi seorang pelatih adalah melihat seseorang menggapai mimpinya dalam kompetisi.” Ujarnya.

3. Park “Sally” Young-Sook
Ia adalah seorang pemanag Internasional, pelatih, juga juri panahan selama puluhan tahun. Lalu ia memutuskan untuk merintis karir di Lawi, sebuah negara termiskin di dunia. Di Malawi, “Sally” melatih seorang atlet panah bernama Areneo David dan membawanya ke Olimpiade dan membuatnya menjadi seorang pemanah berstandar internasional.