Apakah Anda tertarik dengan belajar dan berlatih olahraga memanah? Jika Anda ingin mencoba untuk berlatih memanah, salah satu yang perlu diketahui dan dipersiapkan adalah alat-alat atau perlengkapan memanah yang memadai. Walaupun belum memiliki perlengkapan ini sendiri atau masih sekedar meminjam, setidaknya kita bisa mengenal dan memahami berbagai peralatan ini agar dapat menggunakannya saat berlatih nanti.

Olahraga panahan identik dengan olahraga alat, sehingga tidak mungkin mendalaminya tanpa perlengkapan yang memadai. Idealnya, setiap anak diberikan peralatan memanah yang memadai, sehingga latihannya berjalan lancar. Namun, pada prosesnya, dimungkinkan untuk memiliki peralatan standar minimum terlebih dahulu, yang dengannya latihan tidak terhambat dan bisa berlangsung. Berikut ini adalah beberapa alat panahan yang bisa Anda ketahui untuk berlatih memanah.

BUSUR PANAHAN

Ada beberapa jenis busur panahan. Tiga yang terpopuler diantaranya adalah busur tradisional, recurve, dan compound.

  1. Long Bow.

Busur tradisional ini adalah busur yang kerap ditunjukkan dalam film klasik Robin Hood. Bentuknya berupa kayu panjang yang diikat string atau senar

  1. Recurve

Busur modern yang kerap diperlombakan di Olimpiade hari ini. Busur ini dilengkapi riser (yang berfungsi sebagai pegangan dan tempat ditempelkannya aksesori lain), grip (titik memegang busur), arrow rest (titik meletakkan anak panah), sight window (yang membantu pemanah dalam membidik), stabilizer (yang menstabilkan busur dan menahan getaran saat release), sight (juga dikenal sebagai visir, berguna untuk membidik secara akurat), limb (sebagai penyimpan energi pegas busur), string groove (lekukan tempat tali busur dikaitkan), center serving nock point (titik anak panah diletakkan), dan lainnya. Bisa dibilang, recurve adalah busur paling lazim kita jumpai dalam komunitas atau pertandingan-pertandingan memanah

  1. Compound

Diciptakan sekitar era 70-an, busur ini didesain untuk membidik dengan pas. Compound dilengkapi dengan katrol (cam), yang berfungsi sebagai penahan beban tarikan saat melakukan tarikan penuh (full draw). Dengan begitu, busur jadi stabil dan anak panah melesat lebih cepat.

ANAK PANAH

Perlengkapan berikutnya adalah anak panah, yakni sebuah proyektil tajam yang digunakan untuk menembak dengan memakai busur. Bahan pembuat anak panah ada berbagai macam. Namun umumnya, untuk ukuran olahraga populer hari ini, anak panah yang terbuat bahan karbon diketahui lebih konsisten saat terbang dibanding bahan-bahan lain.

FINGER TAB

Alat ini berfungsi melindungi tiga jari (jari telunjuk, tengah, dan jari manis) yang digunakan untuk menarik string atau tali busur.

ARM GUARD DAN CHEST GUARD

Semacam bantalan yang melindungi lengan kiri (atau kanan) dan bagian dada dari string saat melakukan release.

QUIVER DAN TARGET BOARD

Tempat meletakkan anak panah, sehingga tidak tercecer sembarangan. Anda juga pastinya membutuhkan papan target untuk memanah.

Alat-alat diatas mungkin terdengar asing atau jarang didengar sebelumnya bagi seorang pemanah pemula. Untuk lebih mengenalnya, kita bisa mengkombinasikan mempelajari teori serta mempraktikannya di lapangan. Dengan praktik langsung di lapangan, kita bisa lebih mengenal dan merasa dekat dengan alat-alat panah tersebut. Sebagaimana para pemanah profesional, dengan alat panahannya mereka seperti sudah menyatu dan menjadi bagian dari tubuhnya.

Untuk itu, kenali alat panahan ini dan banyaklah berlatih agar bisa memainkan alat panahan dengan baik. Yuk, coba praktikan bersama komunitas atau klub memanah Anda!

 

Sumber Tulisan : Buku Membidik Karakter Hebat, Defrizal Siregar dan Yessy Yanita Sari