Kejuaran memanah sangat menyenangkan dan menarik. Ini bisa dengan mudah membuat kita terbebani dengan semangat dan kegelisahan, serta kehilangan fokus pada hal yang penting. Berikut ini ada lima tips yang tidak dengan begitu saja menghindarkan kita dari nilai yang rendah, tetapi sangat bagus sebagai pedoman dalam meningkatkan penampilan kita ketika dibawah tekanan.

Bersiaplah

Persiapan adalah trik utama untuk tetap tenang, dan ketenangan akan meningkatkan skor kita! Ketahuilah peraturan, format, lokasi, jadwal hingga dress code pada kejuaraan yang akan Anda ikuti. Dengan mengetahui semua ini, Anda bisa tenang dan fokus dalam pada panahan Anda.

Latihan dengan kondisi yang sama saat kejuaraan, termasuk ukuran target, jarak dan –yang terpenting- waktu. Ingat bahwa kejuaran akan memakan waktu yang cukup lama, jadi persiapkan juga makanan ringan, bahan bacaan, atau musik untuk didengarkan. Apapun kejuaraan yang Anda ikuti, gunakan pakaian dan sepatu yang paling nyaman.

Ketahui Kebiasaan Memanah

Miliki sebuah kebiasaan memanah yang Anda ketahui dan telah melatihnya. Sebuah kebiasaan memanah adalah sesuatu yang nyaman yang membuat anda dengan mudah mengulanginya bahkan pada kejuaraan yang tidak biasa. Tidak peduli di manapun Anda berada, langkah-langkah memanah Anda sebaiknya tetap sama. Anda sebaiknya bisa menjelaskan setiap langkah dan dengan tepat menjelaskan bagaimana setiap bagian tubuh Anda bergerak. Ketika dibawah tekanan, Sebuah langkah kecil (yang biasanya diikuti langkah lain), biasanya menjadi bagian yang dikorbankan, jadi pastikan untuk benar-benar menerapkan langkah-langkah tersebut

Sering Periksa emosi Anda

Setidaknya satu kali, sebelum atau setelah memanah, periksa diri Anda. Lihatlah bagaimana Anda mengendalikan panahan dengan orang lain, dan ingat agar Anda tetap tenang dan senang. Apakah Anda frustasi? Sedih? Malu? Marah? jika iya, ambil nafas dalam-dalam, dan kembalikan diri Anda pada perilaku yang positif. Bayangkan panahan Anda semakin baik. Fokus pada dialog dalam diri, perhatikan kesan-kesan negatif Anda, lalu ganti dengan kesan-kesan positif.

PErhatikan Pekerjaan anda

Anda mungkin ingat seorang guru yang mengingatkan Anda untuk “tetap perhatikan pekerjaan Anda”. Itu juga merupakan saran yang bagus pada saat kejuaraan panahan. Fokus pada diri Anda selama kejuaraan. Pada saat seperti ini Anda akan sangat mudah terganggu dengan yang dikerjakan orang lain, nilai mereka, atau bagaimana mereka memanah, tetapi semua gangguan ini bisa menjauhkan Anda pada kesempatan untuk bersenang-senang dan melakukan yang terbaik. Biarkan yang lain memanah, dan fokuslah untuk menjadi yang terbaik dari diri Anda.

Menduga hal tak terduga

Banyak hal yang diluar kendali Anda, termasuk cuaca, bagaimana kejuaraan berjalan, dan bahkan bagaimana perasaan Anda pada hari itu. Jika sesuatu terjadi, jangan cemas: semua adalah bagian yang normal pada sebuah proses, dan akan baik-baik saja. Mungkin kondisi akan berangin, ada gangguan, atau Anda tertunda karena sistem waktu yang salah. Tetap positif dan tegar, serta jaga kondisi mental Anda selama pertandingan..

Panahan adalah olahraga yang luar biasa, penuh dengan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang diri Anda. Kejuaraan adalah kesempatan bagus untuk membangun kepercayaan diri, memperbanyak teman dan di atas itu semua adalah bersenang-senang! Jika Anda ingat untuk fokus pada diri Anda, serta bersenang-senang, Anda cenderung tetap rileks dan menampilkan permainan terbaik Anda.