Apakah Anda berminat untuk menjadi seorang pemanah profesional? Atau mungkin begitu termotivasi menjadi pemanah ketika melihat pahlawan super atau atlet favorit anda menembakkan busurnya di layar lebar? Bagaimanapun, belajar memanah adalah petualangan yang mengasyikkan. Namun, jika benar-benar Anda ingin serius berlatih memanah, penting untuk Anda membeli peralatan yang tepat untuk sendiri. Ketrampilan biasanya akan meningkat lebih cepat ketika Anda menggunakan peralatan sendiri. Menggunakan peralatan sendiri, lebih terasa nyaman dan tentunya lambat laun kita akan semakin mengenal alat yang kita gunakan.

Busur yang pas dengan panjang dan tubuh Anda, anak panah yang dipotong dengan panjang yang tepat, sangat menentukan akurasi latihan memanah Anda. Begitupun dengan gear yang digunakan jika cocok, maka akan lebih nyaman mentarget.

PERALATAN DASAR

Peralatan memanah bukan hanya sekedar busur dan anak panah. Jika Anda kesulitan mencari busur dan anak panah yang tepat, pelajarilah jenis busur yang tepat untuk Anda dan luangkan waktu untuk memilih busur pertama yang Anda miliki dengan bantuan ahli. Carilah artikel, riset, atau review dari berbagai pengalaman orang tentang pearalatan dasar ini agar memiliki gambaran dan referensi yang banyak. Busur tradisional umumnya memiliki akseoris gear  yang berbeda dengan busur majemuk. Hal ini akan terasa saat pelepasan dan sadaran.

APA YANG HARUS DICARI SAAT MEMBELI PERALATAN MEMANAH

Jika anda berbelanja alat-alat memanah di toko khusus panahan, biasanya para petugas atau pelayan toko akan membantu panjang imbang Anda sesuai tubuh dan menyesuaikan dengan ukuran busur yang akan Anda beli. Tapi, jangan khawatir, jika di toko tidak ada maka bisa bertanya pada pelatih atau teman Anda yang lebih ahli untuk membantu memberikan saran. Yang perlu Anda ketahui, bahwa panah harus cocok dengan busur Anda dan panjang imbang Anda agar keamanan terjaga saat berlatih. Anak panah harus cukup panjang saat Anda berada di undian penuh untuk duduk dengan nyaman di tempat lain tanpa jatuh. Untuk mengawali latihan Anda, sebetulnya tidak harus juga membeli peralatan baru. Jika ada barang yang masih bagus dan harganya masih cukup terjangkau, Anda juga bisa membelinya untuk menghemat.

BELI ALAT STANDAR, TINGKATKAN SAAT LATIHAN SUDAH KONSISTEN

Biasanya, saat bersemangat untuk berlatih memanah kita akan berusaha untuk memilih alat panahan yang terbaik dan harga yang cukup diatas. Sebelum membeli alat yang mahal dan terkesan untuk profesional, pilihlah terlebih dahulu alat yang standart untuk latihan. Di lain waktu, jika memang Anda sudah cukup konsisten latihan dan memerlukan banyak alat yang lebih, Anda bisa tingkatkan atau melakukan upgrading untuk alat panahan yang dimiliki. Apalagi jika memang Anda mentargetkan diri untuk mengikuti kompetisi atau berbagai pertandingan yang membutuhkan alat-alat terbaik.

BERGABUNG BERSAMA KOMUNITAS MEMANAH

Bergabung dengan komunitas atau klub memanah adalah cara efektif untuk belajar memanah. Jika Anda belum memiliki modal untuk membeli alat sendiri, biasanya di klub atau komunitas atau kelas memanah para coach menyiapkan alat-alat tersebut untuk dipinjamkan. Selain itu, biasanya jika komunitas yang ada cukup besar, juga akan banyak para sponsor yang memberikan dukungan alat. Selain bisa banyak berlatih bersama, Anda juga bisa untuk meminjam dan mempelajari alat panahan sebelum nanti Anda membelinya sendiri.

Untuk itu, bergabunglah bersama komunitas memanah dan ambil banyak pelajaran bersama teman-teman Anda. Anda juga bisa ikuti Indonesia Memanah sebagai salah satu komunitas memanah besar di Indonesia.