Membayangkan Anda berhasil mendapatkan skor yang tinggi sering disebut sebagai “citra” atau “visualisasi”. Tapi kami lebih suka dengan istilah “latihan mental”. Kemampuan ini menciptakan atau menciptakan kembali kejadian dalam pikiran Anda untuk membantu mempersiapkan penampilan di masa depan. Kami menganggapnya latihan mental karena kemampuan melibatkan lebih dari sakadar menggambarkan sebuah situasi. Anda ingin menciptakan informasi dari semua alat indra.

Lihat… tangan Anda memegang busur, pesaing di sekitar Anda, sinar matahari mengenai mata dan target pada jarak tertentu

Cium… aroma anak panah, rumput yang baru dipotong, dan debu panahan

Dengarkan… suara suara tembakan bususr, orang-orang berbicara disekitar Anda, anak panah mengenai target, dan suara sound system.

Rasakan…. cahaya matahari mengenai wajah Anda, tanah dibawah kaki Anda dan hembusan angin

Bayangkan… dengungan kegembiraan, determinasi Anda saat membidik dan semangat pada anak panah.

Buatlah gambaran mental ini sedetil mungkin. Itu membutuhkan waktu dan usaha, tapi ini penting untuk gambaran mental. Ketika Anda membangun dunia pada pikiran Anda, jalankan rutinitas memanah Anda. Jangan hanya berfokus pada tubuhm tapi juga emosi. Idealnya, menciptakan sesnsasi ketika berdiri dan menggerakan tubuh seperti saat memanah. Jika tidak mungkin, latihan mental ketika duduk atau berbaring sehingga Anda bisa melakukannya kapanpun.

Berikut ini ada tiga latihan yang bisa dicoba, tapi ingat: Anda hanya dibatasi oleh imajinasi Anda.

Maksimalkan latihan dengan stretch band

Jika Anda tidak dapat membuat stretch band, Anda bisa menggunakan karet ban. Dengan ini Anda bisa menirukan suasana saaat memanah, Anda bisa meningkatkan teknik dan membantu anda dalam ppenyembuhan saat cedera. Stretch band dapat memberikan “panahan” tambahan ketika Anda lelah, pada ruang yang tertutup, atau ketika bepergian sehingga tidak dapat memanah.

Dengan menggabungkan latihan dengan stretch band dengan latihan mental, Anda bisa meningkatkan kemampuan panah Anda. Anda bisa dengan mudah membayangkan sedang dalam latihan atau bahkan sedang berkompetisi. Latihan memanah sebaiknya dilakukan dengan perlahan dan sengaja dilakukan untuk mengikuti kejuaraan.

Get more from your stretch band workout

Persiapan untuk Event tertentu

Jika sebuah kejuaraan semakin dekat, fokuskan latihan mental untuk persiapan kejuaraan tersebut. Tujuannya tidak banyak, yaitu fokus meningkatkan skor Anda pada kejuaraan tersebut. Bayangkan seperti saat Anda sedang dalam kejuaraan tersebut, seperti apa hari itu dan bayangkan Anda berhasil pada kejuaraan tersebut. Gunakan gambaran tentang lokasi dan cuaca saat kejuaraan untuk membantu melatih pikiran Anda pada setiap tantangan. Bayangkan panahan terbaik Anda. Banyak para olimpian menggunakan gambaran tempat olimpiade untuk persiapan menghadapi tekanan yang begitu hebat pada event tersebut.

Mengatasi kegagalan masa lalu

Setiap pemanah pasti mengingat kegagalan mereka di masa lalu dan bagaimana yang seharusnya mereka lakukan. Mungkin pesaing mangatakan hal yang membuat Anda kesal atau mungkin melihat nama Andapada papan skor dengan hasil yang mengecewakan. Apakah bersaing dengan lawan tertentu mengganggu pikiran Anda? Apakah anak panah yang jelek mengurangi kepercayaan diri? Atau apakah Anda tidak suka hujan, angin, atau cuaca lainnya? Untuk latihan mental, cobalah hidupkan suasana-suasana tersebut, rasakan setiap emosinya. Atasi semuanya sebagai mana seharusnya Anda mengatasinya pada masa yang akan datang. Jika situasi ini kembali hadir, Anda lebih baik menyiapkan diri untuk mengatasi dengan cara yang berbeda.

sumber: www.archery360.com