Dimana biasanya anda berlatih untuk memanah? Saat musim panas tiba dan cuaca tidak sering hujan, mungkin saatnya kita bisa berlatih dan melaksanakan olahraga memanah di luar ruangan. Berlatih di dalam ruangan memang sangat nyaman. Kita tidak akan berhadapan dengan angin, dingin, hujan atau cuaca panas. Tetapi, jika terus menerus berlatih di dalam ruangan juga bisa bosan dan kurang mendapatkan dinamika memanah. Sedangkan, berlatih di luar ruangan kita akan mendapatkan banyak tantangan, seperti cuaca, angin yang bisa berubah arah dan mengacaukan busur panah, serta banyaknya tanaman atau pohon yang bisa mengganggu target. Untuk itu, berlatih di luar ruangan dan wilayah yang berbeda akan menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan skill memanah anda.

MEDAN MEMANAH DI LUAR RUANGAN

Latihan memanah di luar ruangan mirip dengan latihan menembak objek 3 dimensi. Pada latihan ini coach bisa menyimpan banyak target sepanjang jalur hutan, sungai, atau perkebunan dengan objek berupa hewan yang terbuat dari gabus atau pelastik. Objek bisa dibuat sama, lebih kecil, atau lebih besar, tergantung dari target latihan. Namun, pastikan bahwa jarak target sudah sesuai dengan disiplin latihan agar tidak terlalu dekat, atau mungkin justru mustahil untuk dijangkau.

Buatlah skenario seakan-akan seperti real berada pada situasi memanah yang dibutuhkan. Misalnya pelatih memberikan target pada peserta agar mereka berjalan di hutan dengan diam-diam, agar binatang buas tidak menerkam. Atau hati-hati dengan buaya di rawa, karena bisa saja dia muncul tiba-tiba. Untuk hal ini memang tidak berpengaruh langsung pada keahlian memanah, namun suasana dan skenario yang dibangun akan membuat peserta lebih senang dan termotivasi.

SIAPKAN ALAT DAN PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN

Sebelum berlatih di luar ruangan atau outdoor, siapkan segala perangkat yang dibutuhkan agar latihan berjalan lancar. Gunakan panah berdiameter kecil dengan fletching profil rendah untuk memotong angin. Anda juga bisa meningkatkan berat imbang untuk meratakan lintasan panah anda. Peningkatan ini membantu menjaga panah tetap di sasaran. Namun, perlu diingat bahwa panah bukan satu-satunya alat yang harus diabwa. Saat berlatih, jangan lupa untuk membawa air minum, body lotion dengan SPF yang tinggi, dan pelindung dari gigitan serangga atau hewan-hewan mikro.

BERLATIH LEBIH CEPAT, CERMAT, DAN TEPAT

Berlatih memanah di luar ruangan apalagi alam terbuka, tentu akan membuat kita semakin lihai dalam memanah. Jika objek yang digunakan bergerak atau mungkin dibuat seolah-olah bergerak, biasanya akan membuat kita berpikir untuk lebih cepat, cermat, dan tepat dalam menembak. Jika latihan di dalam ruangan memiliki jarak hingga 20 meter, di luar ruangan tentu jarak menembak bisa lebih dari itu. Untuk secara akurat memotret lebih jauh di luar ruangan, Anda harus menyesuaikan pandangan Anda, yang berarti memindahkan pin ke arah panah Anda. Jika Anda memukul tinggi, gerakkan pandangan Anda ke atas. Jika Anda memukul rendah, gerakkan pandangan Anda ke bawah. Semudah itu sebenarnya.

Jika belum berhasil berlatih di luar ruangan, jangan berkecil hari karena tentu itu hal yang iasa. Buatlah penyesuaian dan berjuang berlatih untuk melihat lebih cermat dan detail. Yang terpenting bertahap dan fokus pada bidikan yang bagus.

Selamat berlatih di luar ruangan, semoga menyenangkan!