Ketika memanah di lapangan, selalu perhatikan bagaimana angin mempengaruhi anak panah Anda. Ada berbagai kondisi angin, ada angin sepoi-sepoi hingga angin dengan hembusan yang kencang dan tak terduga. Belajar mengukur kecepatan dan arah angin serta pengaruhnya terhadap akurasi dapat membuat panah Anda tetap tepat pada sasaran saat kondisi berangin.

Tim Gillingham, seorang staf pemanah profesional mengatakan bahwa kondisi berangin menyulitkan pemanah untuk mengendalikan panahannya. Ia sering berlatih pada kondisi berangin dan berharap bisa bertanding pada kondisi berangin, karena ia merasa yakin mampu mendapatkan poin. Gillingham memberikan sembilan tips agar dapat akurat saat memanah pada kondisi berangin.

  1. Ketahui arahnya

Ikatkan pita pada ujung busur untuk menemukan kearah mana angin berhembus. Perhatikan juga lambaian pohon dan rumput untuk mengukur kecepatan angin dan arahnya.

  1. Jangan jadi yang pertama

Cobalah untuk tidak menjadi orang yang pertama memanah, lihatlah pemanah lain dan perkirakan bagaimana pengaruh angin berdasarkan panahannya.

  1. Semakin berat

Tembakkan anak panah yang paling berat. Seperti peluru, panah yang berat dan panah berdiameter kecil tidak akan melambat atau bertambah cepat, dan tidak melayang seperti anak panah yang ringan.

  1. Busur yang lebih cepat

Pertimbangkan busur yang lebih cepat untuk memanah di lapangan daripada di dalam ruangan. Busur yang lebih cepat memungkinkan Anda untuk menembak panah yang lebih berat daripada yang Anda butuhkan di dalam ruangan.

  1. Pengaturan

Siapkan peralatan untuk memanah saat kondisi berangin. Pertimbangkan untuk menggunakan wide launcher pada anak panahmu untuk menahan anak panah agar tidak terjatuh.

  1. Visir yang tepat

Pilih visir yang paling sesuai untuk anda ketika kondisi berangin. Sebagian orang yang menggunakan visir yang melingkari target (circle sight), sebagian lainnya menggunakan yang berbentuk titik (dot sight).

  1. Latihan saat berangin

Mengambil keuntungan dari cuaca yang berangin untuk berlatih. Mengetahui cara memanah saat kondisi berangin memberikan keuntungan tersendiri saat kompetisi .

  1. AIM OFF

Bayangkan anak panah Anda mengenai tempat yang berbeda dari target, bukan di tengah. Teknik ini dikenal dengan “aiming off” ini bisa membantu anda mengimbangi perubahan arah angin.

  1. BUBBLING

Latihan sebuah teknik yang disebut “bubbling” jika Anda menggunakan dot sight. Bubbling memungkinkan pemanah untuk menggunakan bubble pada visir mereka dan membidik pada tengah target pada setiap panahan

Gillingham lebih suka membidik dengan circle sight, tetapi mendorong pemanah untuk menemukan teknik dan peralatan yang paling sesuai degan mereka. Ia menyarankan untuk pergi ke toko untuk bertanya dan meminta saran sebelum memutuskan menggunakan alat yang mana.