RADAR DEPOK.COM – Tiga komunitas pencinta olahraga panahan, antara lain DSR,BADR Archery, dan Mata Elang Archery mendeklarasikan Kelurahan Tanah Baru menjadi ‘Kampung Panahan.

Kampung Panahan itu dibentuk guna membangun basis olahraga keluarga dan pusat industri olahraga panahan di Kota Depok, khususnya di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

Walikota Depok yang meresmikan Kampung Panahan tersebut menuturkan olahraga panahan, adalah salah satu hal yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, selain berkuda dan renang.

“Tidak saja butuh sehat, tapi kebugaran dan ceria. Tentu dengan olahraga seperti panahan ini bisa belajar untuk fokus dan konsentrasi,” tutur Idris.

Penggagas Kampung Panahan, Defrizal Siregar mengatakan, pembentukan Kampung Panahan di Kota Depok, melihat dari perkembangan yang cukup baik untuk olahraga panahan di Indonesia. Sehingga, bisa menjadi wadah untuk atlet panahan di Kota Depok berkembang. Terlebih lagi, Kampung Panahan ini dipelopori oleh Indonesia Archery School Program (INASP) dan didukung KONI Kota Depok.

“Tiga komunitas, yakni DSR, BADR Archery, dan Mata Elang Archery dinaungi INASP,”tuturnya.

Ia menambahkan, pemuda yang usianya 17-25 tahun diberikan pelatihan untuk dijadikan fasilitator. Setelah itu, ilmu yang didapat ditularkan ke anak usia dini. Fasilitator tersebut, selama enam bulan dilatih berbagai ketrampilan memanah, diantaranya dilatih kepemimpinan, motivasi, perawatan alat, manajemen, marketing dan adminitrasi.

“Kami bangun aspek perekonomianya juga,” ucap dia.

Kampung Panahan ini diterapkan ditiap RW di Kelurahan Tanah Baru. Sebab, wilayah kelurahan tersebut dijadikan pilot projek di Kota Depok.

“Kita bentuk basis olahraga keluarga yang edukatif dan layak anak. Program ini akan terus dikembangkan untuk industri turunan,” ungkapnya.

Masih dilokasi, Anggota DPRD Kota Depok Dapil Beji-Cinere- Limo Fraksi PKS, T. Farida Rachmayanti berharap, Kampung Panahan bisa sejalan dengan program Kota Depok, yakni Kota Layak Anak (KLA)

“Kalau perlu melibatkan anak – anak dan masyarakat dalam kegiatan panahan, agar tumbuh kegiatan yang positif dan bisa membangun karakter anak,” ungkapnya. (irw)