Busur panah telah ada dalam berbagai bentuk sepanjang sejarahnya. Busur telah berevolusi selama berabad-abad, dan saat ini banyak dibuat dengan berbagai bahan seperti fiberglass, carbon fiber, dan beberapa memiliki mekanisme yang canggih. Berbagai jenis busur yang tersedia saat ini meliputi, busur recurve, long bows, busur compound dan crossbows. Semua memberikan pengalaman yang berbeda serta memberikan banyak pilihan bari pemanah baru.

Busur Recurve

Busur jenis ini pada asejarahnya bnayak digunakan oleh penunggang kuda, dan pada era modern banyak digunakan pada Olimpade. Busur ini dinamai sesuai dengan bentuknya yang melengkung. Konfigurasi seperti ini memberikan kekuatan panahan yang tinggi dengan sedikit tenaga yang dibutuhkan. Busur recurve biasanya digunakan untuk mengajarkan memanah, dan untuk pemula biasanya memulai dengan barebow recurve, yang hanya memiliki sebuah tali, sebuah sandaran anak panah, limbs dan riser untuk membantu keseimbangan busur.komponen lain dapat ditambahkan seiring meningkatnya kemampuan panahan.

Busur Compound

Busur compound pertama kali diproduksi pada tahun 1960an dengan memasukan berbagai sistem yang inovatif yang membantu pemanah untuk menggunakan draw weight yang besar.  Sistem ini memberikan kesempatan pemanah untuk membidik dengan busur yang kuat tanpa memikirkan cedera otot. Busur compound tahan terhadap perubahan suhu dan kelembapan dibanding dengan busur yang dibuat dari bahan alami. Hal ini memberikannya akurasi, jarak dan kecepatan anak panah yang lebih baik. Jenis busur ini tidak cocok digunakan oleh pemula karena kompleksitasnya.

Longbow

Longbows menurut catatan pertama kali digunakan pada perang tahun 1298 dan menjadi senjata yang paling banyak digunakan sampai dengan pertengahan abad 15. Busur ini memiliki ciri yang sederhana: terdiri dari potongan kayu yang panjang dan sedikit pemanah dengan tinggi setinggi pemanah. Longbows lebih sulit digunakan untuk membidik dibandingkan dengan bususr lain dan juga tidak memiliki kecepatan yang sama dengan compound atau recurve bows. Pengguna busur ini memerlukan banyak latihan dan kesabaran untuk menguasainya, namun banyak sekali pemanah yang menikmati tantangan untuk menggunakan busur ini secara efektif.

Crossbows

Crossbows dipercaya berasal dari China dan biasa digunakan pada perang pada zamana Yunani-Romawi dan abad pertengahan. Pada penampilannya, crossbows mirip dengan senjata api tapi memiliki busur pendek horizontal pada atasnya. Busur ini memiliki jarak tembak yang kecil dan membutuhkan draw weights yang lebih besar untuk memberikan performa yang sama dengan busur compound dan recurve.  Busur ini  sering digunakan untuk memanah target, namun yang pelu diperhatikan adalah peraturan tentang penggunaan crossbows bias sangat ketat dan berbeda di setiap Negara.

 

Sumber:: http://www.livestrong.com