Indonesia Memanah 3 merupakan salah satu program mem-budayakan Olah raga agar olah raga bisa diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, karena selama ini olah-raga kita terkesan elit dan eksklusif yakni hanya dinikmati oleh kalangan atlit saja, melalui Indonesia Memanah 3 ini kita berharap masyarakat dari semua segmen baik dari segmen grass rood atau masyarakat bawah sampai atas bisa menikmati olah raga.

Demikian dikatakan Presiden Indonesia Archery Scool Program (INASP), Defrizal Siregar, ketika diwawancarai di sela acara gelar laga panahan “INDONESIA MEMANAH 3″ yang diikuti tidak kurang dari 1061 pemanah dari berbagai club di Indonesia, bertempat di musium olah raga, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur baru-baru ini pada Minggu (24/12/2017).

Dikatakan Defrizal, olah raga panahan dalam sejarahnya pernah menorehkan tinta emas sukses meraih medali pada olimpiade pada th 1988 bertempat di Soul waktu itu, jadi agar jangan sampai terjadi lost- generation kita perlu membumikan olahraga panahan ini agar ke depan kita bisa mendapatkan bibit-bibit potensial,” ucap Defrizal.

Pertandingan Memanah ini berlangsung sejak hari jumat (22/12) sampai hari senin (25/12) merupakan hari terakhir sekaligus pengumuman para pemenang,” ucap Defrizal.

Lanjut Defrizal mengatakan, Olah Raga panahan sekarang ini merupakan cabang olahraga yang lagi banyak diminati masyarakat . Klub –klub panahan tumbuh subur di sejumlah daerah, kebanyakan klub –klub tersebut berdiri di sekolah dan kelompok masyarakat.

Untuk menyalurkan bakat para pemanah yang tergabung di komunitas tersebut, INASP memprakarsai turnamen tahunan Indonesia Memanah yang sudah digelar selama 3 tahun terakhir.

Dikatakan Defrizal, cabang olah raga panahan tahun ini banyak peningkatan, peserta lomba pada 2015 berjumlah 400 orang, pada 2016 peserta lomba meningkat berjumlah 700 orang dan pada 2017 tahun ini meningkat lagi menjadi 1061 peserta berasal dari 21 Propensi termasuk wilayah paling timur Indonesia yakni 4 atlit Papua juga turut berlaga. (Fauzi/mediakota.com)