“Saat anak-anak menyadari bahwa mereka  hanya dapat memanah jika mengikuti aturan, mereka mengerti, Saya  telah melihat bahkan anak-anak dengan perilaku buruk mulai meluruskan karena mereka tahu bahwa jika mengikuti aturan, mereka bisa memanah.”

Mastering archery requires skill, concentration and perseverance. It’s a sport that’s fun, but also allows participants of any age or skill level to compete against others or challenge themselves individually. The sport has long helped archers gain confidence and physical strength, but two Texas teachers have discovered archery also helps students with math.

Menguasai panahan membutuhkan kemampuan, konsesntrasi dan ketekunan. Ini adalah olahraga yang menyenangkan, tapi juga memungkinkan peserta dari segala usia dan tingkat kemampuan untuk bertanding satu sama lain atau menantang diri sendiri. Olahraga telah lama membantu pemanah mendapatkan kepercayaan diri dan kekuatan fisik, tapi dua guru di Texas telah menemukan bahwa memanah juga membantu siswa pada matematika.

Mike Duncan dan Raeann Melvin, yang mengajarkan pendidikan jasmani pada SD Nolanville di Nolanville, Texas, memulai kelas panah6 tahun lalu untuk membantu siswa kelas tiga hingga lima mengerti bagaimana menentukan luas dan keliling pada geometri

The Killeen Daily Herald melaporkan:

Amy Miseli, siswa kelas lima memulai panahan saat kelas tiga dan melihat kemampuannya meningkat, baik kemampuan memanah maupun di kelas

“Menyenangkan” katanya” ini sangat membantu disekolah karena ini menggunakan bagian otak untuk matematika“ jelasnya, mencatat jarak adalah hal penting ketika membidik target ataupun mengerjakan soal matematika.

Pada saat kelas tiga, Miseli mengatakan ia mendapatkan peringkat 12 di kejuaraan sekolah dan tahun berikutnya ia menjadi juara panahan

Panahan, yang tawarannya semakin meningkat di sekolah-sekolah, membantu mengasah konsentrasi dan keterampilan hidup. Ini juga menawarkan mereka insentif tambahan untuk terus bekerja dengan baik – dan nillai yang baik

Brad Cowan, seorang guru panhan dan kemampuan bowhunting untuk kelas tujuh dan delapan di Locust Grove School di Oklahoma mengatakan anak dan orang tua adalah penggemar berat dari program panahan. Alasan mereka menyukai ini berbeda-beda.

“Semua murid saya harus mendapatkan rata-rata C untuk bertahan di kelas panah dan Bowhunting” Kata Cowan” Olahragalain memerlukan rata-rata D, tapi itu tidak cukup tinggi bagi saya. Selama enam tahunsaya mengajar kelas panah dan bowhunting, saya hanya menemukan empat siswa yang tidak mampu meningkatkan nilainya. Kelas ini menyenangkan dan ini adalah intensif yang kuat bagi siswa untuk menunjukkan yang terbaik secara akademis”

Mendapatkan nilai yang baik sehingga mereka bisa mengikuti panahan adalah alasan yang  cukup bagi kebanyakan siswa untuk belajar dengan giat. Tapi siswa tetap dapat memanah meskipun nilainya tidak mencukupi. Pada komunitas kelas panah, pemanah muda dengan cepat belajar dengan aturan jika mereka ingin merasakan sensasi memanah.

“Saat kelas baru dimulai, anak-anak selalu gaduh dan sulit untuk mengikuti aturan,” jelas AnthonyPark, koordinator panah pada Cullman Parks and Recreation di Alabama.” Tapi saat mereka memanah pertama kali, mereka menyukainya, dan saat mereka menyadari mereka bisa memanah hanya jika mereka mengikuti aturan , merela mengerti, Saya  telah melihat bahkan anak-anak dengan perilaku buruk mulai meluruskan karena mereka tahu bahwa jika mengikuti aturan, mereka bisa memanah. Ini seperti sihir”

Berikut ini adalah apa yang dikatakan guru tentang manfaat memanah bagi siswa:

“Anak-anak belajar untuk fokus dan konsentrasi,Mereka membangun kebanggan pada diri mereka. Banyak anak-anak berpikir mereka akan bergabung dan memanah target tepat di tengah. Untuk melihat mereka menyadari bahwa mereka harus benar-benar meningkatkan kemampuan dan melihat bagaimana mereka meningkatkannya itu memuaskan.” Zoe Irwin, asisten manajer,  Sterling Community Center.

“Saya punya seorang siswa yang dulu hanya duduk di lantai dan menangis saat di gym ketika kelas dua. Saat kelas tiga, dia memulai panahan dan memenangkan empat turnamen di tahun yang sama. Sekarang tingkat kepercayaannya luar biasa” – Gary James, Guru, Keystone School, Oklahoma

“Panahan adalah  satu-satunya olahraga yang saya lihat yang begitu terstruktur. Anak-anak belajar untuk   menunggu giliran, mengikuti arahan, menentukan tujuan dan menantang diri mereka. Saat mereka diberikan intruksi, hampir tidak ada siswa yang membuat masalah. Panahan mengembangkan karakter, dan para siswa akan mendapatkan manfaat di kehidupan mereka” – Wyat Kingston, spesialis rekreasi, kota Richmond.

“Tim panahan saya dan kelas petualangan outdor mendapatkan banyak anak-anak yang tidak terlibat dalam kegiatan sekolah. Panahan memberikan mereka tempat untuk dimilikinya” jason Anderson, Guru, Allen High School, Texas

Sumber: https://www.archerytrade.org