Panahan merupakan olahraga yang ketika dilakukan dengan benar maka akan bergantung pada kekuatan inti dan kemampuan melakukan gerakan berulang secara konsisten. Pemanah terbaik tidak hanya kuat pada sisi yang digunakan untuk memanah, tetapi pada kedua sisinya. Sehingga sangat penting untuk memberikan latihan yang seimbang pada beberapa aspek, yaitu:

  1. Kelenturan
  2. Kardio
  3. Kekuatan

Sebagai acuan, Anda bisa membaca beberapa tips dibawah ini

KELENTURAN

Dalam memanah, kelenturan adalah hal yang penting, karena Anda pada dasarnya akan mengangkat dan menarik beban yang berat ketika menarik busur. Menarik busur seberat 10 kilogram dengan keadaan otot yang kaku dapat mengakibatkan cedera, atau paling tidak rasa nyeri. Untuk melatih kelenturan kamu bisa menggunakan tali stretching (stretch bands), atau karet. Anda bisa melakukan ini di depan cermin. Selain untuk melenturkan otot sekaligus memantapkan teknik memanah Anda.

Ilustrasi latihan kelenturan

KARDIO

Memanah memang termasuk olahraga dengan alat. Namun bukan berarti latihan kardio tidak penting. Faktanya, pemanah yang memiliki detak jantung yang rendah cenderung dapat menunjukan penampilan yang terbaik pada sebuah kompetisi. Sekecil apapun kompetisi yang akan Anda ikuti nantinya, Anda pasti akan merasakan sensasi mendebarkan dan keinginan yang menggebu untuk melesakkan panah ke tengah target.
Walau hanya untuk olahraga bersama keluarga atau untuk persiapan kompetisi. Latihan kardio adalah keharusan untuk mengelola saraf dan membantu Anda merasa lebih kuat dan bugar ketika mengalami kelelahan. Latihan kardio selama 30 menit –berjalan, jogging, berenang atau aerobik selama empat sampai lima minggu, akan membuat detak jantung anda tetap rendah ketika menghadapi tekanan.

KEKUATAN

Inti dari pemanah yang hebat adalah sekelompok otot yang kuat. Jika Anda akan memanah, Anda harus memiliki otot besar yang fleksibel dan kuat yang melakukan semuanya, seperti trapezius bawah Anda pada saat mengangkat dan menarik busur, kemudian Otot perut dan lattisimus dorsi Anda juga bekerja untuk membuat tetap stabil dan memastikan bahu rendah serta rileks saat menaikkan busur. Untuk melatih ini semua diperlukan latihan kekuatan fisik yang didesain khusus untuk pemanah, yaitu melatih otot-otot yang digunakan saat memanah secara seimbang (kanan-kiri).

Sumber: archery360.com