Saat kelas memanah, mungkin Anda sering mendengar seseorang berkata” Kenapa panahanku tidak kena?!”. Meskipun setiap panahan kita adalah proses belajar, akan terasa hebat jika panahan kita mengenai target. Dan wajar jika kita selalu ingin mengenai sasaran. Kali ini Kita akan coba memberikan lima kesalahan yang biasa dilakukan pemanah dan cara mengatasinya.

 

Sikap Berdiri yang Tidak Konsisten

Apakah posisi kaki Anda berubah dari panahan yang satu kepanahan berikutnya? Sikap berdiri Anda, dimana Anda menempatkan kaki ketika memanah adalah dasar dari panahan Anda. Sikap Berdiri Anda harus kuat dan konsisten pada setiap panahan. Untuk memastikan sikap berdiri Anda konsisten Anda bisa memberikan lakban pada tempat Anda berdiri saat berlatih. Misalnya Anda bisa menempatkan lakban dibawah tumit  sehingga posisi tumit Anda selalu sama pada setiap tembakan.

 

Putaran Siku

Putaran siku yang benar merupakan hal yang paling sederhana, namun penting bagi pemanah. Ini berarti menjaga siku lengan Anda lurus ke atas atau ke bawah ketika menarik dan melepaskan anak panah.

Jika siku Anda tidak lurus maka dapat menghasilkan banyak masalah, seperti memar pada siku atau anak panah melenceng ke salah satu sisi target. Untuk mengindari masalah ini, pastikan siku Anda lurus sebelum mengangkat dan menarik busur.

Dengan meluruskan siku  Anda dengan benar dan menjaga posisi tersebut saat memanah, bagian atas tubuh Anda akan sejajar dengan benar yang akan menghasilkan panahan yang kuat dan lebih tepat sasaran.

 

Pengaitan (Posisi Jari pada Tali Busur)

Ketika Anda menempatkan jari-jari Anda pada tali busur, apakah Anda memperhatikan penempatannya? Atau Anda hanya memegang tali busur dan menariknya? Terburu-buru menempatkan jari-jari pada tali busur merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemanah. Perhatikan kembali penempatan jari Anda agar mendapatkan hasil perbedaan besar pada panahan Anda.

Mengaitkan tali busur dengan jari dengan tegang atau penempatan yang salah, dapat menyebabkan banyak masalah. Masalahnya dari gagal mengenai target hingga membuat jari-jari Anda Kapalan.

Oleh karena itu, pastikan Anda menempatkan jari-jari pada tali busur saat memanah sesuai dengan yang telah diajarkan, dan pastikan posisi tangan Anda pada busur selalu konsisten. Pengaitan yang tepat dan konsisten menghasilkan panahan yang tepat sasaran.

 

Ancang-ancang

Bagi yang baru memulai memanah, melakukan ancang-ancang dengan konsisten merupakan tantangan tersendiri. Titik Ancang-ancang merupakan titik pada wajah Anda -biasanya di ujung mulut Anda atau sedikit di bawah dagu- dimana Anda biasa menarik tali busur.

Untuk memahami pentingnya sebuah ancang-ancang yang konsisten, Seperti jangkar pada sebuah kapal yang menahan kapal agar tidak bergerak. Begitulah titik ancang-ancang mencegah pemanah untuk menarik tangannya dari posisi yang berbeda pada setiap tarikan, dimana hal ini akan membuat anak panah akan melayang pada arah yang berbeda.

Anda bisa menentukan titik ancang-ancang Anda dengan bimbingan pelatih. Hal yang paling penting adalah menarik tali busur pada titik ancang-ancang yang sama pada setiap tarikan. Jika Anda merasa berubah, berlatihlah dengan pelatih Anda agar menjadi lebih konsisten.

 

Kekuatan Panahan

Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh kebanayakan pemanah adalah gagal memanah dengan kuat. Membidik terlalu cepat sering membuat panahan yang lemah. Sebab lainnya adalah terlalu fokus pada membidik sehingga melupakan gerakan otot yang tepat.

Panahan yang lemah bisa menyebabkan panahan yang rendah atau melenceng sesuai dengan pemanah apakah bertangan kanan atau kidal. Untungnya, panahan yang lemah mudah diperbaiki: Anda tinggal merubah fokus Anda.

Ketika Anda melakukan tarikan dan siap untuk membidik, tetaplah fokus pada pergerakan otot yang diajarkan pelatih Anda. Membidik itu penting, tetapi sama pentingnya dengan pergerakan otot Anda untuk menghasilkan panahan yang kuat dan lurus. Dengan fokus pada teknik dan saat yang tepat, Panahan Anda akan lebih Kuat dan lebih konsisten.

 

Sumber:  www.archery360.com