Hal terbaik dalam panahan bukan hanya menyenangkan, tetapi perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai tidaklah mahal dan sangat mudah untuk memilihnya,

Memilih Busur (Bow)

Satu kenikmatan pemanah adalah bisa memilih compound bow dan recurve bow seperti memilih sesuka hati. Tidak ada istilah betul atau salah, pilihlah sesuai yang Anda sukai. Coba kunjungi toko panahan di sekitar Anda, atau dengan berselancar di internet untuk menemukan berbagai jenis dan tipe busur. Busur agak mirip dengan sepatu: dengan beberapa pengecualian, satu ukuran tidak sesuai untuk semua. Anda tentu membutuhkan bantuan untuk memilih yang paling tepat. Bertanyalah pada coach Anda.

Anak panah (Arrow)

Sekali Anda memutuskan untuk memanah dengan compound atau recurve bow, saat itulah waktunya Anda memilih anak panah (arrow). Kebanyakan orang memulai dengan anak panah aluminium,  dimana anak panah jenis ini cocok untuk memanah indoor ataupun outdor.  Anak panah dapat melengkung saat anda melepaskan senar busur,  sehingga coach Anda akan membantu Anda memilih anak anak panag yang melengkung sesuai dengan berat yang akan Anda tarik (draw weight) dan jarak yang akan Anda inginkan saat menarik busur (draw length)

Alat Pembidik (Sight)

Banyak pemanah memilih alat pembidik untuk pemula pada saat pertama mereka memanah target dan lebih nerhasil mengenainya. Banyak juga pemanah yang memulai dengan peralatan yang tradisional, tetapi sebuah alat pembidik akan membantu Anda lebih tepat dalam memanah dengan busur (compound ataupun recurve) Anda. Banyak Alat panah yang bagus dengan menawarkan ketepatan dan daya tahan yang baik dengan harga yang ramah bagi pemula.

Aksesoris

Tidak ada pemanah yang lengkap tanpa aksesoris kunci seperti: armguard, quiver, dan finger tab atau release aid. Alat tambahan ini tidak begitu mahal namun penting. Armguard digunakan untuk melindungi lengan anda tergores oleh senar busur pada saat memanah.  Finger tab (untuk pemanah recurve) memberikan perlindungan diantara jari dan senar busur Anda. Sedangkan quiver membuat anak panah Anda nyaman untuk dipegang dan mudah untuk dibawa (diambil).

Mengkreasikan alat panah anda

Selanjutnya adalah bagian yang menyenangkan, Anda bisa mengkreasikan alat panah Anda sesuka hati. Busur biasanya tersedia dalam berbagai warna, sedangkan anak panah bisa diberikan corak atau diberi bulu dengan berbagai jenis warna. Pemanah biasanya memilih warna yang sesuai untuk nocks dan ujung anak panah yang menempel pada senar busur. Dan terakhir, Anda bisa memilih quiver dan armguards dengan berbagai bentuk dan warna.

Ketika Anda semakin serius dalam memanah, Anda akan menemukan banyak sekali pilihan busur, anak panah, sights dan aksesoris yang berkualitas menengah dan tinggi. Yang harus Anda lakukan pertama kali bagaimanapun adalah mendapatkan kenyamanan dan konsisten dengan pengaturan busur Anda. Setelah itu Anda bisa menikmati perlengkapan panah Anda.

sumber:archery360.com