“Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad, 16699).

Olahraga memanah saat ini sangat digemari di Indonesia. Walaupun masih belum sepopuler sepak bola atau bulu tangkis tapi sekarang klub panahan sudah mulai banyak bermunculan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang memulai belajar memanah. Selain sebagai sunah rasul, ternyata memanah juga mempunyai manfaat lain, diantaranya:

Melatih Fisik

Seperti Olahraga pada umumnya, memanah juga melatih fisik kita walaupun tidak seperti angkat beban. Agar kita dapat membidik sasaran dengan tepat maka kita harus memiliki kekuatan jari tangan, lengan, bahu dan pundak yang kuat. Oleh karena itu kita harus melatih otot-otot tersebut. Dengan memanah kita dapat menjaga fleksibilitas pada otot jari tangan, otot lengan, hingga ke pundak. Selain itu juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan juga membantu tubuh kita tetap tegap.

Melatih Koordinasi Tubuh

Saat membidik dan melepaskan anak panah, otak kita akan mengirim sinyal kepada otot untuk menjaga keseimbangan tubuh agar seimbang dan tidak meleset saat akan melepas anak panah. Tidak hanya koordinasi antara otot dan otak, tetapi juga mata, tangan dan tubuh lainnya juga terlatih saat memanah.

Melatih Fokus dan Konsentrasi

Pada saat akan melesatkan anak panah, kita harus fokus dan konsentrasi agar tidak meleset. Kali ini bagian lobus frontal otak yang dioptimalkan. Semakin lama bagian otak ini dilatih, semakin membuat kita lebih mudah untuk berkonsentrasi. Jika kita terbiasa fokus dan konsentrasi maka akan berdampak pada keseharian kita, seperti saat mengambil keputusan dalam kerja, atau bagi yang sekolah atau kuliah maka bisa fokus dan konsentrasi saat belajar maupun ujian.

Melatih Emosi

Saat akan memanah kita perlu mengendalikan emosi agar dapat konsentrasi dan fokus menembak sasaran. Dalam keadaan emosi yang tidak terkontrol maka konsentrasi dan keseimbangan tubuh bisa terganggu. Akibatnya anak panah sulit mengenai sasaran. Dengan latihan memanah maka kita juga melatih menstabilkan emosi sehingga kita lebih tenang dalam menghadapi masalah.

Melatih Kesabaran

Selama berlatih memanah kita perlu bersabar hingga mahir dalam membidik sasaran. Kita ketahui bahwa ketika kita perlu memanah berulang-ulang dari meleset jauh dari sasaran sampai pada akhirnya kita bisa mengenai sasaran dengan tepat. Di sinilah kita dilatih untuk bersabar pada kehidupan sehari-hari
Melatih Rasa Percaya Diri dan Berpikir Positif

Pada akhirnya ketika kita berhasil mengenai sasaran dengan tepat, maka akan tumbuh rasa percaya diri dan kemampuan berpikir positif kita. Dengan menumbuhkan dua sikap ini maka kita akan menjadi pribadi yang tangguh.

Demikianlah beberapa manfaat lain yang kita dapatkan saat memanah. Ternyata tidak hanya fisik kita yang dilatih tapi juga mental dan psikis kita. Jadi tunggu apalagi? Ayo belajar memanah!