Sebagai seorang instruktur, saya sering ditanya tentang keamanan dalam memanah, terutama dari orang tua yang anaknya tertarik pada olahraga ini. Jadi bagaimanakah keamanan olahraga panahan?

Sangat aman. Cukup aman dimana kebanyakan tidak ada yang pernah mendapatkan cedera yang serius. Data statistik menyebutkan bahwa panahan tiga kali lebih aman daripada golf. Setiap 2000 orang yang ikut olahraga ini, kurang dari satu orang yang akan cedera. Pada golf sekitar 1 dari 625 orang yang akan cedera. Sekitar 94% cedera pada memanah disebabkan karena pemburu melukai dirinya sendiri dengan silet ketika menajamkan anak panahnya, dimana tidak akan dilakukan oleh pemanah biasa. Selain itu,  juga karena lengan terkena tali busur (terjepret), namun bisa dihindari jika menggunakan peralatan dan mengikuti instruksi yang benar. Cedera pada orang sekitar secara statistik juga nol. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, seseorang bisa terkena anak panah ketika ia berlatih di area yang tidak aman, seperti halaman belakang atau tempat yang tidak berpagar (pembatas).

Di beberapa negara, memanah dilarang dilakukan di halaman belakang, taman atau tempat terbuka lain, kecuali jika memang tempat yang didesain untuk memanah. Memanah umumnya mendapatkan asuransi pada sebuah kecelakaan. Sebagai sebuah indikator betapa amannya olahraga ini adalah rentang premi asuransi pada olahraga ini hampir setara dengan bulutangkis atau golf. Inilah satu alasan untuk tidak berlatih di halaman belakang Anda. Jika anak panah Anda mengenai properti tetangga, Anda sebagai pemilik asuransi tidak bisa mengklaimnya. Sebagai tambahan, sesuai dengan hukum yang berlaku di daerah Anda, Anda mungkin saja dikenakan biaya penggunaan senjata api atau peraturan serupa lainnya yang mungkin memberikan konsekuensi yang lebih serius lagi. Yang terbaik adalah berlatih di tempat yang memang untuk memanah dan di dampingi oleh instruktur professional.

Oleh: Jim Macquarrie

Sumber: https://www.wired.com/2011/06/archery-inherently-cool-or-irresponsibly-dangerous/