“Setiap permainan laghwun yang dilaukan seorang muslim adalah bathil, kecuali ketika dia melemparkan panah dengan busurnya, ketika ia melatih kudanya, dan bercanda dengan istrinya. Ketiga hal ini adalah al-haq.” (HR.Tirmidzi)

Padatnya kesibukkan sehari-hari membuat kita rentan terkena stress. Salah satu cara untuk mengurangi stress tersebut adalah dengan melakukan relaksasi. Namun terkadang, banyak hal yang bisa membantu relaksasi justru dinilai sebagai perbuatan yang sia-sia oleh Allah Swt. Tapi, ada kegiatan relaksasi yang disarankan oleh Rasulullah SAW. Hadis diatas menyebutkan salah satu permainan laghwun yang haq adalah dengan memanah.

Kini banyak kalangan mulai tertarik dengan olahraga ini. Klub-klub panahan mulai dibanjiri peminat. Bukan hanya itu, kelas-kelas panahan musiman pun kini mulai menjamur. Selain karena banyaknya manfaat bagi tubuh, sunnah memanah pun turut andil berbondong-bondongnya masyarakat belajar memanah.
Hadits nabi tentang keutamaan memanah antara lain

“Sesungguhnya Allah akan memasukkan tiga orang ke dalam jannah karena satu anak panah, orang yang membuatnya dengan tujuan baik, orang yang melemparkannya dan orang yang menyiapkannya. Hendaklah kalian memanah dan berkuda, sedangkan memanah lebih aku sukai daripada berkuda.” (HR Tirmidzi, beliau mengatakan, hadits hasan shahih)

Hadist Lainnya:
Diriwayatkan dari Uqbah bin amir Radhiyallahu ‘Anhu berkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda di atas mimbar :“Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” (HR. Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ahmad dan lainnya)
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,“Memanah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai dari pada berkuda.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Hadits ini Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)