• Judul: Membidik Karakter Hebat
  • Penulis: Defrizal Siregar dan Yessy Yanita Sari
  • Penerbit Gema Insani
  • Tahun Terbit: 2017
  • Tebal: XVIII + 210 halaman

Pendidikan dapat diperoleh di mana saja, tidak hanya di sekolah. Anak akan mendapatkan pendidikan pertama di rumah. Setiap anak pasti akan meniru orang tuanya. Jika orang tua memberikan teladan yang baik, maka anak sangat mungkin memiliki karakter yang baik. Oleh karena itulah pendidikan bagi anak berawal dari rumah. Di sini anak tahu mana yang baik dan yang buruk, hingga mampu berperilaku yang baik dan menghindari perilaku yang buruk.

Olahraga panahan kini berkembang pesat di Indonesia. Olahraga yang merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW kini menjadi olahraga favorit baik untuk anak-anak hingga dewasa. Tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin mencoba, karena banyak manfaat yang bisa didapat dari olahraga panahan ini. Selain dari aspek kesehatan, spiritual, dan emosional. Panahan dapat menjadi arena hiburan sekaigus melatih pengendalian diri, melatih mental serta kepercayaan diri.

Defrizal Siregar yang telah lama bergelut dalam panahan mengatakan bahwa ada empat karakter yang dapat dilatih dengan memanah, yaitu Calm, Focus, Brave, dan Win. Dalam buku ini dijelaskan dengan detail definisi, mengapa dibutuhkan karakter tersebut, hingga faktor pendukung dan penghambatnya. Pada buku ini juga dijelaskan mengenai fase-fase perkembangan anak, hal-hal yang perlu diketahui dalam panahan hingga bagaimana menikmati dan mewujudkan keempat karakter yang telah dijelaskan sebelumya.

Buku karya Defrizal dan Bunda Yes ini perlu untuk dibaca. Bagi orang yang ingin mencoba olahraga panahan buku ini dapat dijadikan gambaran umum mengenai manfaat hingga bagaimana kita dapat memulainya. Selain itu buku ini dapat dijadikan rujukan bagi orang tua untuk membentuk karakter anak dengan cara yang menyenangkan (dalam hal ini olahraga panahan), mulai dari mengenalkan panahan sampai melatih karakter lewat olahraga tersebut sesuai dengan perkembangan anak. Buku ini menjelaskan tentang keempat karakter tersebut dengan bahasa yang mudah dimengerti dari segi ilmiah dan dari sisi islam. Dengan sisipan cerita dan testimoni orang tua tentang pengalaman anaknya setelah ikut olahraga panahan membuat buku ini tidak hanya membawa teori, tapi juga bukti.

Beli Bukunya