Sebagai pemanah pemula atau peraih medali emas, Anda membutuhkan sebuah perlengkapan yang kecil namun penting Finger Tab. Beberapa pemanah memang lebih memilih menggunakan sarung tangan, tapi pemanah kelas atas yang kami tahu menggunakan finger tab untuk melindungi jari dan memastikan pelepasan anak panah berjalan mulus pada  setiap tembakan.

Sebuah finger tab hanyalah selembar kulit yang pas di antara jari (tangan yang digunakan untuk menarik busur) dan tali busur. Bagian yang menempel pada tali busur ini tersedia dalam berbagai jenis kulit, termasuk kulit dengan bulu binatang. Pemanah Recurve lebih memilih kulit karena lebih menjanjikan dari pada sarung tangan.

Finger tab  bisa saja hanya selembar kulit, namun beberapa memiliki komponen tambahan:

  • Satu atau dua potong kulit tambahan diantara jari dan tali busur
  • Spacer antara jari telunjuk dan jari tengah untuk menghindari nock menjepit pemanah
  • Sebuah pijakan pada bagian atas tab yang memberikan pemanah sentuhan yang kuat ketika menarik anak panah dibawah dagunya
  • Bahan elastis atau sejenisnya yang membantu mengamankan tab ke jari tangan.

Memilih Finger tab itu mudah. Pertama, pertimbangkan pengalaman memanah Anda. Apakah ini pertama kalinya? Jika ya, gunakanlah perlengkapan yang digunakan untuk pemula.

Ketika latihan, saya suka memulai dengan tab berlapis ganda dengan sedikit pelindung jari ekstrra. Saya juga lebih suka mereka menggunakan spacer agar tidak terjepit, jika mereka menah dengan satu jari di atas nock dan dua di bawah. Untuk siswa yang lebih mahir, kita mencoba menentukan tab yang benar dan cocok untuk tangan tertentu serta teknik memanahnya.Hal ini lebih penting daripada memilih tab berdasarkan merek dan atau tampilannya.

Saat Anda mendapatkan finger tab yang baru, mulailah memanah dengan segera. Jika Anda seorang pemula, cukup kaitkan anak panah Anda, tarik, dan nikmatilah!

sumber: www.archery360.com