Begitu Anda mendapatkan busur pertama Anda, Anda akan segera bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan dengan itu. Selain untuk memanah, biasanya akan muncul pertanyaan bagaimana menyimpannya? Bagaimana merawatnya? dll. Merawat alat panah tidak sulit, itu hanya membutuhkan cara untuk menyimpan dan mengangkutnya dengan hati-hati.

Untungnya, Anda memiliki beberapa pilihan untuk menyimpan dan mengangkut busur. Satu hal yang penting diingat, ketika Anda bepergian dengan membawa busur, apapun tempat penyimpanannya, jangan pernah meninggalkannya dalam mobil yang panas atau tempat yang lembab, termasuk gudang atau garasi. Temperatur yang ekstrim dan kondisi lembab dapat membuat limbs Anda melengkung dan rusak secara permanen. Pastikan busur Anda tersimpan di tempat yang aman.

SOFT CASE

Case jenis ini biasanya terbuat dari kain berkualitas yang dilapisi busa. Dibuat untuk busur compound, recurve dan takedown. Bentuk case tergantung pada jenis busur yang Anda punya dan apa yang yang ingin Anda taruh di sana. Kebanyakan pemanah membeli tabung anak panah untuk penyimpanan, dan menaruhnya di samping busur jika masih ada ruang. Jika tidak, mereka membawanya dengan terpisah.

BACKPACK CASE

Jika Anda menembak dengan takedown recurve, Anda mungkin menginginkan ini. Itulah inti dari portabilitas,membuatĀ  anda dapat mengemas limbs, riser, sight, arrow tube dan semua aksesoris Anda. Ditambah dengan sifatnya yang portabel, tahan lama dan, mudah dipakai. Sangat cocok untuk transportasi umum. Ingat saja bahwa ini tidak cocok untuk perjalanan dengan pesawat, karena ini tidak terdapat perlindungan untuk busur Anda. Sangat mungkin ada sesuatu yang menghancurkan busur Anda.

HARD CASE

Ini adalah pilihan yang bagus bagi pemanah recurve dan compound yang ingin memastikan busur dan semua aksesorisnya terlindungi dengan baik. Kebanyakan hard case terbuat dari plastik dengan kepadatan tinggi yang bisa menahan beban dan tumpukan benda di atasnya. Sesuaikan dengan tujuan Anda memanah. Jika hanya untuk rekreasi, mungkin Anda tidak membutuhkan hard case atau hanya butuh satu. Tapi jika Anda ingin berkompetisi pada panahan, Anda membutuhkan double case yang bisa membuat busur utama dan cadangan Anda.

TEMPAT PENYIMPANAN LAIN

Kebanyakan Hard case terdapat busa yang bisa Anda potong sesuai dengan kebutuhan menyimpan peralatan Anda. Namun jika anda membeli alat yang berkualitas tinggi, maka Anda akan menyadari bahwa setiap alat akan mendapatkan tempatnya masing-masing. Anda harus memutuskan untuk mengemasnya secara terpisah atau masing-masing. Namun, disarankan untuk menyimpan semuanya bersamaan. Karena biasanya kita mudah untuk lupa atau meninggalkan box kecil yang memuat aksesoris Anda yang terpisah.

Selain itu Anda juga membutuhkan ruangĀ  untuk kunci pas, sekrup, nocks, lem dan alat lain yang diperlukan. Sebuah kotak kecil yang dikemas dengan baik juga bisa disatukan dengan yang lainnya. Intinya ketika Anda memilih tempat untuk mengangkut busur Anda, pastikan ini juga memuat peralatan Anda yang lainnya.

sumber: www.archery360.com