Banyak sekali alasan mengapa orang-orang mencoba panahan. Ikut teman, ditawarkan di sekolah, ingin seperti di film atau menjalankan sunah rasul. Itu semua adalah alasan yang baik untuk mencoba panahan. Tapi yang terpenting kita harus tahu bahwa panahan itu menyenangkan.

Olahraga ini sangat menantang namun tidak membuat frustasi. Semua orang bisa ahli di bidang ini. Terlepas dari badan yang atletis atau bakat alami mereka. Dan Anda akan mendapatkan peningkatan kepercayaan diri yang luar biasa ketika mengenai sasaran. Panahan juga merupakan olahraga yang bagus sekaligus penghilang stress yang luar biasa. Bagian terbaiknya adalah Anda bisa memanah bersama teman dan keluarga, atau hanya bersenang-senang sendiri. Pilihan ada ditangan Anda.

Lalu, mengapa kita perlu mempelajarinya? Pertama, Anda akan belajar untuk memanah dengan benar dan aman. Ya, kita semua tahu Anda punya akal sehat dan Anda akan mengarahkan busur dan anak panah Anda pada sasaran. Tetapi apakah Anda menggunakan Otot-otot yang membuat bagian tubuh atas Anda terlatih (terbentuk)? Dan apakah Anda belajar melepaskan panahan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi? Semua hal penting itu berasal dari pelatih Anda

Anda tidak perlu pelatih tingkat olimpiade untuk memulai panahan. Saat ini banyak organisasi atau klub-klub panah yang bisa Anda ikuti. Anda bisa datang saat klub tersebut berlatih dan mencobanya.

Anda bisa belajar secara privat sendiri dengan seorang coach atau ikut bersama dalam sebuah kelompok (kelas). Kedua pilihan ini tentu memberikan suasana yang santai dan menyenangkan. Periksa terlebih dahulu, apakah Anda bisa menyewa peralatan panah di tempat. Perlu diingat, Pakailah pakaian dan sepatu yang nyaman. Pakaian santai (casual) adalah pilihan sempurna untuk memanah.

Mintalah pelatih Anda untuk membahas dasar-dasar keamanan, dan kemudian bagian dari busur dan anak panah sebelum menjelaskan bagaimana cara memanah. Panahan biasa diajarkan dengan mudah, langkah demi langkah, jadi Anda bisa bertanya kapan pun saat berlatih. Setelah selesai menjelaskan, coach akan mendemonstrasikan cara memanah. Dan selanjutnya, waktunya Anda memanah!

Ingat untuk selalu santai dan bersenang-senanglah. Tujuan utama Anda bukan mengenai tengah sasaran, walaupun itu adalah bagian menyenangkan dari memanah. Untuk sekarang Anda perlu mempelajari teknik memanah dengan baik sehingga Anda bisa menikmati memanah sesering mungkin. Kebanyakan pemanah menemukan bahwa ketika mereka santai dan fokus pada teknik memanahnya – disebut juga “form” –  mereka lebih konsisten mengenai target.

Semoga pelajaran pertama Anda menyenangkan dan menarik, dan Anda akan kembali lagi! Pastikan untuk mencari informasi bagaimana Anda bisa tetap rutin memanah. Banyak klub-klub menawarkan kelas memanah, atau latihan terbuka. Anda akan terkejut menemukan banyak orang hebat dengan ikut panahan. Langkah pertama untuk menikmati panahan adalah segera jadwalkan pelajaran pertama Anda.

Sumber:  www.archery360.com