Seorang bowhunter (pemburu yang menggunakan panah) membutuhkan mata yang terlatih agar dapat melihat rusa (buruannya) dari jarak 30 hingga 50 meter dari pohon tempat Anda berdiri. Kemampuan ini juga dimiliki pemain bisbol profesional untuk menentukan arah bola dengan kecepatan 90 meter/jam kearah home.

Anda perlu memperhitungkan jarak dan keceparan anak panah serta lintasan pada tempat yang akurat ketika hewan buruan muncul. Kemampuan itu bisa berarti perbedaan antara memanah rusa dengan jarak 15 meter dari dahan pohon Anda atau meleset.

Kemampuan Anda untu berkonsentrasi pada pohon tempat anda berdiri berkaitan dengan bagaimana Anda mendeteksi pergerakan rusa. Ketika konsentrasi Anda kemana-mana atau Anda mulai melamun, maka Anda tidak akan melihat rusa satu pun. Jika Anda ingin melihatnya, maka harus tetap fokus dalam mencari rusanya.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan dihutan, semakin cepat dan mudah bagi mata Anda untuk mendeteksi pergerakan ekor atau telinga hewan buruan Anda. Begitu Anda mendeteksi pergerakan semacam itu, perhatikanlah lebih dekat tubuh hewan itu untuk memastikan bahwa ini benar hewan buruan Anda (rusa).

Bila Anda telah mengidentifikasikan gerakan tadi adalah rusa, persiapkan diri Anda untuk memanah dengan akurat.

Tembak rusa itu dengan kaki Anda, maksudnya, jika Anda tidak berada pada posisi yang tepat, maka ada kemungkinan tembakan Anda akan meleset.

Ketika berburu rusa dengan busur traadisional, perhatikanlah hal berikut:

  • Carilah pergerakan
  • Perhitungkan jarak
  • Tetap waspada
  • Tembak dengan kaki Anda

sumber: www.archery360.com