Pengkot Perpani Pekanbaru yang baru, Prof. Dr. Ir. H. Sugeng Wiyono, MT berencana untuk menambah klub panahan yang ada di Pekanbaru. Jumlah klub panahan di kota ini memang masih minim, sehingga olahraga panahan belum berkembang.

“Kami ingin mendorong terbentuknya klub-klub panahan. Dalam waktu dekat akan ada yang ingin membuat klub panahan di Rumbai dan Telkom,” ujar Prof Sugeng Wiyono kepada Riau Pos, Senin (13/3) lalu.
Pria yang dipilih pada muskot akhir pekan lalu ini mengatakan bahwa pihaknya akan menyambut baik setiap pihak swasta yang ingin membentuk klub panahan. Dengan terbentuknya klub baru tersebut maka Pekanbaru akan memiliki banyak atlet panahan. Selain itu, Atlet di Pekanbaru diharapkan bisa berkompetisi dan berkompetensi pada PON XX 2020 yang akan datang.

“Kemudian kami ingin meningkatkan prestasi atlet dengan mengedepankan sport sains. Sehingga pengembangan atlet tidak hanya dilakukan secara alamiah. Sebab kompetensi alami tanpa dukungan pengetahuan sains tentu tidak maksimal,” tambahnya.

Ia mencontohkan atlet panahan, selain faktor kekuatan lengan, konsentrasi atlet juga mempengaruhi hasil panahan. Sehingga untuk memperbaiki konsentrasi atlet bisa dengan melakukan kerjasama dengan psikolog.

Namun Prof. Sugeng mengakui bahwa ini tidak mudah. Walaupun pria yang juga wakil rektor UIR tersebut mengakui UIR sudah memiliki laboratorium olahraga. Sebab peralatan olahraga juga tidak murah seperti halnya perlengkapan laboratorium atau alat kedokteran.