Bagi Anda yang menyukai olahraga memanah, sesekali Anda dapat mengikuti perlombaan memanah untuk menantang diri sendiri dan meraih prestasi. Pada awalnya, mungkin Anda akan ragu untuk mengikuti perlombaan atau kompetisi memanah, namun jika sudah masuk dan mencobanya, maka Anda akan menikmatinya dan merasa bermakna. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah : Apa yang harus dipersiapkan untuk bisa mempersiapkan kompetisi pertama kita? Mari kita bahas apa yang harus Anda siapkan untuk mendapatkan kompetisi pertama yang mengesankan.

Jangan Lupa Registrasi dan Ketahui Aturan Permainan

Sebelum bertanding, pastikan Anda telah mendaftar dan mengetahui aturan permainan. Banyak pemanah-pemanah yang baru mengikuti pertandingan belum benar-benar mengetahui aturan permainan dan salah ketika bertanding di lapangan. Selain itu, pastikan diri kita sudah terdaftar dan mendapatkan nomor tanding. Jika tidak, maka Anda akan terdiskualifikasi dalam pertandingan.

Pelajari sebanyak mungkin tentang kompetisi permainan panahan Anda. Anda juga bisa bertanya dan berdiskusi dengan mereka para pemanah yang sudah ahli atau sering mengikuti kompetisi, sehingga Anda akan mengetahui dinamika permainan di lapangan. Ketahui secara detail dan pastikan kita memahaminya secara utuh.

Persiapkan Busur Panah yang Sesuai dan Cadangannya

Untuk pertandingan awal, Anda tidak memerlukan alat panahan seperti busur target dan panah kelas atas terlebih dahulu. Yang Anda perlukan hanyalah busur yang Anda gunakan untuk memanah dengan nyaman dan jumlah panah yang tepat. Setidaknya dibutuhkan enam panah jika ingin membidik target di luar ruangan. Tetapi, jangan lupa untuk selalu mempersiapkan busur cadangan, sebagai persiapan jika ada kehilangan atau panah yang rusak selama kompetisi. Tentu hal ini lebih baik daripada tidak dipersiapkan sama sekali.

Anda tidak perlu busur target yang mewah dan panah kelas atas untuk bersaing di turnamen pertama Anda. Yang Anda perlukan hanyalah busur yang Anda gunakan untuk memotret dengan nyaman dan jumlah panah yang tepat. Anda akan membutuhkan setidaknya enam panah jika Anda membidik target di luar ruangan, tetapi membawa suku cadang jika Anda kehilangan atau merusak panah apa pun selama kompetisi.

Selain itu, siapkan juga akesori lain seperti pelumas panah dan penarik panah yang dapat membantu Anda untuk menghilangkan anak panah dari bal sasaran yang membandel.

Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Sesuai Aturan Kompetisi

Gunakanlah pakaian yang sesuai menyerap keringat, nyaman di tubuh kita, tidak terlalu ketat, dan sesuai dengan aturan kompetisi. Pastikan Anda mengetahui aturan kompetisi mengenai pakaian agar tidak salah dan terdiskualifikasi. Anda bisa menggunakan baju yang terbuat dari bahan menyerap keringat, agar saat bertanding tidak terganggu oleh keringat yang mengucur. Anda juga bisa menggunakan warna baju yang mencirikan komunitas atau klub memanah Anda sebagai bentuk kebanggan dan identitas.

Lakukan Persiapan yang Matang Sebelum Pertandingan

Perbedaan terbesar antara latihan dan kompetisi adalah setiap tembakan memanah saat bertanding adalah sangat berarti. Setiap pilihan dan eksekusi tembakan kita tentunya memiliki konsekwensi. Untuk itu, sebelum bertanding latihan yang cukup dan selalu menjaga stamina adalah hal yang sangat penting. Biasanya saat mulai bertanding, bagi pemula akan ada perasaan tidak tenang atau gerogi. Latihan yang sering dan mempersiapkan stamina yang matang setiap hari sebelum bertanding akan membantu untuk pertandingan yang lebih tenang namun tetap berenergi.

Selamat mempersiapkan kompetisi memanah Anda, semoga sukses dan memenangkan pertandingan! Yang terpenting adalah proses dan usaha menuju prestasi bukan hanya sekedar hasil kemenangan.