Atlet top Olimpiade dalam cabang panahan tahu bahwa ketika bertanding seluruh tubuh Anda ikut berperan. Baik itu pikiran yang fokus, otot yang kuat atau pijakan yang kokoh. Anda harus memberi nutrisi yang cukup untuk tubuh agar memberikan penampilan yang optimal.

Komite Olimpiade AS merekomendasikan pola makan yang berbeda untuk pelatihan dan kompetisi, baik yang ringan, menengah atau pun sulit. Apa artinya? Secara umum, ini berarti keseimbangan itu penting. Kebutuhan buah dan sayuran, karbohidrat dan protein bervariasi berdasarkan apa yang Anda lakukan.

Apakah Anda seorang pemanah yang baru mulai berolahraga?

Mungkin Anda memanah hanya untuk kesenangan saja, atau mungkin sebagai atlet profesional. Tetapi, jika Anda berlatih 1-2 hari seminggu, cobalah untuk memasukkan buah dan sayuran ke dalam setengah porsi makanan Anda, dan beri separuh lainnya dengan protein (bisa daging, telur atau kedelai) serta biji-bijian, sayuran, sereal, dan pasta atau nasi. Ini adalah pola makan yang baik untuk diikuti ketika Anda mengikuti pelatihan secara konsisten.

Pada hari di mana Anda melakukan latihan lebih dari satu kali (misalnya memanah di pagi hari, dan kemudian melakukan kardio di sore hari) memerlukan keseimbangan nutrisi yang sedikit berbeda agar memberi Anda energi yang disuplai karbohidrat, dan sedikit lebih banyak protein. Dalam satu porsi, Anda bisa memasukan buah dan sayuran sekitar 35 persen, biji-bijian sekitar 35 persen, dan protein tanpa lemak untuk 30 persen sisanya.

 

Jika Anda sedang persiapan kejuaraan, terutama yang membutuhkan daya tahan (banyak memanah, waktu yang lama, atau keduanya), “Athlete’s Plate” dari Komite Olimpiade AS dan Universitas Colorado menjelaskan bahwa Anda mungkin memerlukan “bahan bakar ekstra dari karbohidrat”. Jika demikian, isi setengah dari porsi Anda dengan biji-bijian; Fokus pada protein tanpa lemak untuk seperempat bagian; Dan sisanya dapat diisi dengan sayuran. Pedoman ini harus diikuti pada sebelum, selama atau pun setelah kejuaraan.

Apa yang sebaiknya Anda makan?

Pada dasarnya, lemak sebaiknya dibatasi satu sendok makan per hari, dan sebaiknya “lemak sehat” seperti minyak, keju, kacang, dan sayuran berlemak seperti alpukat yang juga mengandung vitamin. Pada latihan yang berat atau saat kejuaraan, Anda bisa menambah lemak sehat menjadi dua sendok makan per hari.

Pertimbangkan juga penggunaan cuka, tumbuhan dan rempah-rempah (serta bumbu seperti saus tomat dan mustard) untuk menambahkan rasa pada makanan Anda. Pada saat kejuaraan, tahan godaan ini sepanjang hari. Pilihlah buah segar, kering atau direbus sebagai cemilan Anda saat kejuaraan.

Terakhir: AIR

Ingat bahwa kebutuhan cairan Anda akan meningkat sesuai dengan jenis dan kuantitas latihan Anda. Pastikan untuk membawa air minum, diikuti dengan sedikit minuman olahraga, jus encer, minuman beraroma serta kopi atau teh. Sebagai pemanah, batasi asupan kafein Anda, dan jaga agar kebutuhan air tetap terpenuhi. Nutrisi yang tepat dan kebutuhan cairan yang terpenuhi adalah dua hal yang harus Anda miliki agar mampu memberikan penampilan yang optimal pada saat memanah.

Artikel asli: https://www.archery360.com/2013/11/25/eating-right-archery-success/