Presiden Joko Widodo baru saja mengikuti kejuaraan panahan Bogor Open Archery Championship (BOAC) 2017 pada Ahad (22/1) lalu. Kejuaraan yang berlangsung dari tanggal 20 sampai 22 Januari ini diadakan di Lapangan Wira Yudha Pusatâ Pendidikan Zeni, Kodiklat TNI AD, Bogor, Jawa Barat.

Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini bersaing dengan 31 peserta lain dalam kategori memanah 20 meter umum.

“Tadi nilainya kan 107, lebih dari 100. Dan tadi juga kena X-nya di tengah, sekali,” ujar Jokowi menceritakan hasil lombanya pada Republika Ahad (22/1).

Dari 36 anak panah yang dilesatkan pria yang telah berlatih sejak September 2016 ini sempat sekali mengenai angka sempurna yaitu 10, walaupun beberapa meleset dari target.

Pada kategori yang sama terlihat juga beberapa pejabat publik, di antaranya Menpora Imam Nahrowi, Sekda Kabupaten Bogor Adang Suptandar dan Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat. Adang yang mengaku sudah lama menekuni olahraga panahan pada Tribunnewsbogor ini lebih unggul dari Jokowi dengan 250 poin, sedangkan Nahrowi dan Ade hanya mendapatkan 100 dan 97 poin.

Kejuaraan tersebut diikuti oleh 630 peserta terdiri dari atlet profesional, pelajar, dan pemula yang datang dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. Dalam kejuaraan tersebut, ada 51 mendali emas yang diperebutkan, serta uang pembinaan dengan total hadiah Rp 100 juta bagi juara.