Ketika bertanya pada seorang pemanah tentang tujuan jangka panjang mereka, Anda mungkin akan mendengar  “Saya ingin jadi atlet olimpiade” atau “ saya ingin memanah di paralimpiade”. Olimpiade memanah adalah tujuan yang bagus, namun apa yang dibutuhkan untuk mencapainya?

Berikut ini adalah tiga hal utama yang akan membantu jika tujuan Anda adalah mengikuti kejuaraan tingkat tinggi.

PASSION PADA OLAHRAGA

Apa itu passion? Kita tidak berbicara tentang ketertarikan yang biasa, seperti “Saya suka memanah” atau “mungkin saya akan memanah hari ini”. Kita semua menyukai memanah. Passion disini berarti rasa cinta yang menyita waktu yang membuat hal lainnya terlihat biasa jika dibandingkan dengan memanah.

Mungkin sedikit terasa dramatis.Tetapi jika Anda ingin bergabung dengan tim panah olimpiade atau paralympic. Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan busur Anda dibandingkan dengan orang yang Anda kenal. Panahan harus menjadi salah satu hal favorit dalam hidup Anda, karena Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk memanah.

Tapi ingat, jangan memaksakan diri. Untuk sukses sebagai atlet panah olimpiade atau paralympic, Andda  harus sangat menyukai  panahan yang ingin Anda latih dan bersaing tanpa tekanan dari siapapun untuk berpartisipasi. Ini adalah tujuan yang mulia, tapi mereka yang membuat tim berhasil karena mereka ingin melakukannya, tanpa paksaan.

ETOS KERJA YANG BAIK

Tidak semua pemanah harus mau bersaing. Tetapi, mereka yang ingin bersaing dalam tingkatan olimpiade harus mau bekerja sekeras keinginan mereka dalam mencapai tujuan.

Bagi pemanah pemula.itu berarti komitmen untuk memanah dan disiplin serta serius pada setiap anak panah yang ditembakkan. Atlet terbaik menembakkan setiap anak panah untuk melatih teknik, mental, dan fisik mereka, sambil mempelajari sesuatu pada setiap panahan.

Menurut Artikel di L.A. Times, KiSiK Lee, salah satu pelatih panahan paling sukses di dunia mengatakan atlet panahan olimpiade harus “benar-benar mengendalikan pikiran dan tubuhnya. Anda memiliki banyak orang yang frustasi, dan itu tidak baik”

Pelatihan untuk membuat tim olimpiade juga memerlukan nutrisi yang tepat, tidur yang cukup, serta latihan silang untuk membangun “kekuatan memanah”. Akhirnya etos kerja yang baik berarti berlatih bahkan ketika Anda merasa malas atau memiliki hal lain yang ingin Anda lakukan. Tentu saja menonton akan lebih menyenangkan sekarang, tapi , bukankah Anda lebih suka memanah?

KEMAMPUAN BERLATIH

Panahan tidak harus selalu membutuhkan kekuatan atau koordinasi yang luar biasa, dan tentu saja tidak memerlukan kecepatan. Tetapi panahan membutuhkan atlet yang kritis dan membangun serta memberikan rekomendasi pada pelatih mereka untuk bekerja. Menemukan pelatih yang tepat adalah proses individual untuk menemukan seseorang yang bisa membantu Anda mencapai cita-cita. Mereka haruslah memiliki pengalaman dan bimbingan yang Anda percaya.

Pemanah yang memiliki “kemampuan berlatih” terlibat dalam perjalanan panahan mereka serta bersedia bekerja sama dengan pelatih untuk mencapai cita-cita mereka. Ketika pelatih memberikan rekomendasi, pemanah akan menanyakan hal yanag ssesuai, melakukan perubahan, serta menindaklanjuti untuk mendapatkan bantuan lebih.

Panahan adalah olahraga semua orang

Memang, bahkan atlet yang paling berdedikasi pun tidak selalu ingin berlari saat hujan atau memanah saat cuaca dingin, panas, lembab, berangin, atau hujan. Tetapi  mereka yang berhasil melaju melewati saat-saat ragu untuk mencapai manfaat jangka panjang dari pelatihan yang keras. Dan bagi mereka yang tidak mau? Jauhkan diri dari kemalasan

Hanya karena Anda mungkin tidak tertarik pada olimpiade sekarang tidak berarti Anda tidak akan menginginkannya. Panahan adalah olahraga yang bisa dilakukan seumur hidup. Butch Johnson, seorang atlet olimpade lima kali, baru mengikuti olimpiade pertamanya pada usia 36 tahun. Bawa selalu passion dalam olahraga, kemampuan berlatih, dan etos kerja yang luar biasa akan selalu membuat Anda lebih jauh dalam dunia panahan. Tapi, motivasi untuk sukses harus Anda miliki.