inasp-logo

Sejarah Berdirinya INASP

Olahraga selama ini dipandang masyarakat hanya sebagai aktivitas fisik. Padahal olahraga memiliki manfaat multidimensi yang mencakup fisik, akal, emosi dan spiritual. Sehingga peran olahraga sebagai pembinaan karakter masih dipandang sebelah mata dan hanya sebagai pelengkap.

Pemassalan olahraga menjadi aktivitas langka dalam pembinaan olahraga khususnya olahraga yang tidak populer. Sehingga regenerasi olahraga prestasi semakin merosot. Organisasi olahraga tingkat pusat sampai daerah hanya fokus pada kegiatan ceremonial yang tidak memberikan dampak masif bagi pembudayaan olahraga.

Keprihatinan ini yang membuat Defrizal mantan atlet panahan, pelatih dan juga aktif diberbagai manajemen olahraga membuat teroboson baru dalam pengembangan olahraga berprestasi yang berbasis masyarakat.

Depok Open Archery Championship tanggal 1 Desember tahun 2013 di Kota Depok menjadi tonggak sejarah berdirinya Indonesia Archery Schools Program (INASP) sebagai wadah perkumpulan komunitas panahan yang berbasis sekolah dan masyarakat

Strategi INASP adalah melakukan pembudayaan panahan melalui sosialisasi, coaching clinic, pembuatan ekstrakulikuller dan club-club di masyarakat. Serta melakukan promosi kegiatan-kegiatan melalui sosial media.

Penanaman nilai-nilai postif menjadi triger bagi INASP untuk mengembangkan panahan di sekolah dan masyarakat, agar memberikan solusi bagi permasalahan anak dan remaja.

Nilai-nilai yang ditanamkan dalam berbagai metode latihan inasp, yakni menanamkan sikap tenang, fokus, berani dan mentalitas menang ternyata memberikan dampak positif bagi member-member inasp.

Training bagi pelatih juga dilakukan secara berjenjang dan sampai saat ini sudah dilaksanakan sampai angkatan 51 dan sudah meluluskan lebih dari 1000 pelatih se-Indonesia. Club dan ekskul di seluruh Indonesia yang sudah tergabung yakni sejumlah 130 club ekskul serta lebih dari 5000 member di 20 Provinsi.

Program ini tidak hanya sebatas nusantara saja tapi juga mencakup mancanegara, negeri jiran malaysia di sekolah indonesia kota kinabalu akan dibuka club panahan dengan metode yang dikembangkan inasp.

Semoga euforia ini terus menjadi budaya bangsa yang mampu melahirkan anak-anak Indonesia yang berkarakter. Komitmen kami adalah selalu berbagi dan menebar kebermanfaatan.