Oleh : Amrul Amin BA
DAI Perkotaan Banda Aceh
Trainner Dan Motivator Personality Development
Atlit dan Pelatih Pembudayaan Panahan Berkarakter INASP
Atlit dan Pelatih Sertifikasi PERPANI Bukit Tinggi- Sumbar

Ditengah serangan COVID-19 ini semua kota dan daerah sedangan melakukan segala upaya agar semua cepat berlalu, Termasuk kota gemilang banda aceh saat ini terus berupaya menciptakan suasan aman dan nyaman serta terus memberikan arahan kepada masyarakatnya untuk terbiasa hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan sebagaimana mestinya.

Diluar itu semua Kota Gemilang yang kita cintai ini juga saat ini sedang dilanda sebuah arus global yang sangat luar biasa, mengilas siapa saja serta merampas apa saja  yang terlena dan terbuaiakan oleh arus internet dengan media androit, Baik orang tua maupun anak-anak.

Jika kita bicara Generasi Gemilang maka hanya ada satu titik fokus kita yaitu menyelamatkan sebanyak mungkin anak-anak ini.

Dari segala upaya jenis usaha dan upaya yang sedang kita lakukan saat ini, mungkin kita terlewatkan pada perintah Rasulullah SAW yang dengan itu dapat merubah mental dan karakter generasi menjadi seperti yang diharapkan. Rasulullah SAW Bersabda dalam beberapa hadist ,

  1. “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik dari pada berkuda.” (HR. Ahmad ).
  2. “Kalian semua harus belajar memanah, karena memanah itu adalah sebaik-baik permainanmu.” (HR. Al Bazzar dan Thabrani).
  3. “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah. “(HR Bukhari, Muslim).
  4. “Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda). “(HR Muslim).
  5. “ memanah dan berkudalah! Dan , kalian memanah lebih aku sukai dari pada berkuda  “ (HR. Ahmad,At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Ternyata memanah adalah salah satu permainan, olahraga dan kegemaran yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, dan panahan secara bertahap dan konsisten dapat membentuk karakter pada anak usia dini, masa anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua dan untuk inilah sedang kita perjuangkan agar anak-anak dan remaja yang dengan fitrahnya sedang mencari jati diri tidak jatuh pada kegiatan-kegiatan yang sia-sia apalagi masuk dalam kegiatan negatif.

Setiap dari kita harus khawatir akan fenomena ini, “penghancuran generasi sebagai penerus bangsa dengan generasi yang lemah ” maka mari kita jadikan solusi ini menjadi global efek bagi persiapan mental dan karakter Generasi terutama di kota Banda Aceh yang kita cintai ini.

Dan saat ini pendidikan karakter adalah sebuah selogan besar dalam dunia pendidikan artinya kita berharap akan lahir anak-anak dari generasi dengan mental dan karakteryang baik.

Beberapa manfaat dari panahan terutama terkait dengan pendidikan karakter diantaranya adalah, sebagai berikut:

  • Disiplin

Seorang pemanah harus mulai dengan kesiapan diri dan peralatannya yang akan digunakan mulai dari kondisi tubuh yang fit melalui pamanasan, bow sampai aksesori pemanah. Jika ada yang terlewatkan, maka kemungkinan cedera akan terjadi. Hal itu bisa terjadi bagi seorang pemanah atau orang di sekitarnya. Dalam proses melesatkan anak panah, seorang pemanah harus mulai dari posisi berdiri (stand), badan menghadap ke arah kanan, wajah menghadap ke arah target, dan tangan kanan memegang busur. Kemudian, anak panah dipasang dengan benar, mulai menarik busur, membidik target, dan melepaskan anak panah.

Ketika mereka selesai melesatkan anak panahnya, maka pemanah harus menyimpan anak panahnya di tempatnya dan sesuai urutan menembaknya, karena seorang pemanah pasti akan mengetahui karakteristik setiap anak panahnya.

Bukan hanya anak panahnya tapi semua perlengkapan dan persiapan awal harus dikembalikan seperti sediakala dan tidak ada yang berubah serta hilang atau bertukar posisinya tertib dan teratur menciptakan kedisiplinan sebagai ability baru.

Urutan ini menjadi kebiasaan untuk tetap displin dalam setiap waktu. Dan sukses hanya butuh waktu untuk menghampirinya.

BERSIAP – SIAP IKUT PANAHAN…

  • Calm= Tenang

Ketenangan hanya didapat dalam sebuah proses yang disebut pengendalian diri dari emosi. Emosi diri haruslah dikendalikan dengan baik, jika tidak dikendalikan maka akan menciptakan sebuah kesalahan, kerusakan serta malapetaka baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Panahan adalah solusi yang paling tepat dalam mengendalikan emosi, proses persiapan yang bertahap, proses lesatan yang tidak terburu-buru serta proses hasil yang harus selalu tenang dan sabar dengan segala hasil yang didapat.

Kekuatan energy seorang anak yang sedang dalam pencarian jati diri sangat meluap-luap sehingga sangat disayangkan dan ditakutkan energy ini disalahgunakan serta dimanfaatkan kepada tempat-tempat yang tidak mendidik bahkan menjerumuskan pada perbuatan negatif.

Panahan dalam program latihan dan aplikasinya 100% adalah ketenangan, ketenangan dari emosi diri, terburu-buru, mengebu-gebu, cepat ingin mendapatkan hasil, ketengan dari ganguan orang lain, disorakin, dibuli, dianggap remeh, disepelekan. Sehingga programm latihan ini akan berimbas pada ketenangan pada posisi apapun dan dengan mental berlimpah untuk menyelesaikan setiap masalah.

SEGERA DAFTAR ANAK-ANAK PADA KELAS PANAHAN…

  • Focus = Fokus

Alay, melankolis, anak mama, tidak punya pendirian, salah teman, adalah bahasa zaman modren saat ini untuk sebutan orang yang sebenarnya gagal fokus pada dirinya, dalam lingkungannya serta dalam keluarganya. Terlalu banyak tekanan dan harapan yang di tumpukan pada anak seusia itu di tambah dengan banyaknya mata pelajaran yang hampir semuanya tidak mampu dikuasai karena tekanannya hadir disaat bersamaan. Hasil akhir putus asa, ketakutan,tidaknyaman untuk sekolah, benci untuk dirumah, lari dari kenyataan dan inilah fenomena saat ini.

Panahan hadir dari 14 abad yang lalu untuk menciptkan daya fokus yang tinggi, siap dengan perubahan bahkan mampu menerima sebuah tantangan target yang lebih dari biasanya. Panahan solusi saat ini utk anak-anak yang sudah apatis untuk berhasil karena tekanan dan beban yang berat.

AYOK SEKOLAH PANAHAN…. 

  • Brave = Berani

Menarik busur membutuh keberanian dan kekuatan. Berani mengeluarkan energi yang ada dan mengarahkannya dengan penuh keyakinan, tidak boleh ragu. Hal inilah yang dilatih dalam proses memanah.

Untuk anak-anak yang mengalami ketakutan dalam bersosialisasi, merasa takut gagal, tidak berani tampil, tidak pede, minder yang teramat besar, maka panahan adalah solusi keluar dari zona tersebut.

Setiap lesatan anak panah adalah sebuah tindakan yang harus ditutup dengan mencabutnya, semakain banyak anak panah yang dilesatkan semakin banyak yang harus di cabut kembali, artinya panahan selalu mengajarkan sebuah keberanian untuk bertanggung jawab dari sebuah tindakan dan akan selalu menjadi sebuah ability yang lauar biasa seorang anak yang akan terdidik menjadi mandiri serta bertanggung jawab. Bertahap demi bertahap dan amati perubahannya.

PILIH COACHNYA YAA… 

  • Win = Menang

Rasanya tidak ada orang tua yang anaknya tidak mau jadi pemenang, ini adalah harapan yang terus mengalir di sela-sela segenap usaha yang dilakukan. Tapi kita harus realistis menuntut itu semua jangan sampai anak menjadi korban dari sebuah impian orang tuanya saja tanpa melihat kemampuan yang disiapkan serta motivasi bakat yang dimiliki oleh sang anak.

Panahan mengajarkan agar bertahap untuk memenuhi target tersebut, membutuhkan effort /usaha tidak ada hal yang mudah. Dalam memanah mengajarkan jangan mengalah untuk menang, ada tubuh yang lelah, ada badan yang pegal, otot yang kaku adalah bagian yang harus disingkirkan agar tidak mudah kalah dengan keadaan. Untuk menjadi pemenang tentu tidak sekali jadi, membutuhkan latihan, niat yang kuat, kemauan yang kuat, terus menerus dan kesabaran. Dan panahan adalah implementasi bermain, olah raga serta habit untuk menjadi seorang pemenang.

SIAP BELAJAR PANAHAN,SIAP JADI PEMENANG….

Jelas sekali bahwa panahan yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW, adalah solusi saat ini untuk mempersiapkan Generasi Gemilang Dalam Bingkai Syariah.

Setiap manusia terbaik adalah manusia yang mampu bermanfaat bagi manusia lainnya, untuk itu kami berharap para orang tua jangan anggap remeh globalisasi multi media melalui games dan gadget, mari kita bergandeng tangan mangawal generasi Gemilang ini ketempat terbaik dengan mantal dan kakter diri yang baik. Yuk dukung panahan ini sebagai salah satu pembentuk karakter dan mental Generasi kedepan dengan cara mengajarkan anak-anak kita memanah “

#generasigemilangmemanah  #bandaacehmemanah  #bandaacehberkarakter  #ilivesmartarchery #panahan #memanah #indonesiamemanah
Jl.Seroja No.18B (Balai Adzkia) Punge Jurong 
Kec.Meuraxa, Kota Banda Aceh,Hp.082361001165